Dilema Kepadatan Peron 5 dan 6 Stasiun Tanah Abang

Stasiun Tanah Abang adalah stasiun dengan jumlah penumpang terbanyak kedua di Jabodetabek. Sepekan sebelum lebaran 2015, jumlah penumpang di Stasiun Tanah Abang tercatat mencapai 100 – 110 ribu penumpang/hari.

Sebenarnya, kepadatan ini tidak mengherankan karena Stasiun Tanah merupakan stasiun transit untuk Green Line dan Yellow Line. Pada akhir 2015 kemarin, bahkan ada yang sempat merekam situasi kepadatan di tangga utara dan selatan pada peron 5 dan 6 Stasiun Tanah Abang

Awalnya, KRL Green Line berhenti di ujung peron 5 dan 6, dekat pintu keluar utara di Stasiun Tanah Abang. Namun ternyata, beberapa hari ini ada perpindahan tempat pemberhentian KRL Green Line yang posisinya tidak lagi di ujung peron 5 dan 6 akan tetapi ada di tengah – tengah.

Peron-5-dan-6-tanah-abang-IMG_20160108_084052

Akibatnya jika dulu penumpukan penumpang terjadi di ujung utara dan tangga utara peron 5 dan 6, saat ini penumpukan terjadi di tangga selatan peron 5 dan 6. @SantiaRisy pernah mengutarakan ini melalui akun twitternya

Ia sendiri menyarankan agar penumpang KRL menggunakan tangga utara untuk berpindah peron

@meyyfanny Penumpang @CommuterLine yang lain juga menyampaikan persoalan yang sama  

Dalam kesempatan terpisah melalui sambungan telepon, Mey menyampaikan pendapatnya terkait kepadatan di peron 5 dan 6 ini.

IMG-20160107-WA014

“Soal pemberhentian KRL yg baru, menurut aku harusnya bisa meminimalisir penumpukan penumpang yg di utara. Tapi kenyataannya penumpang yg turun di antara kolong masih bingung mau kemana. Ditambah dua tangga itu (peron 5 dan 6 – ed) lebih sempit disbanding (tangga – ed) Peron 2 & Peron 3, jadi makin terlihat seperti Bottle Neck.”

Menurutnya renovasi diperlukan namun pasti butuh waktu dan biaya. Karena itu butuh keaktifan PKD untuk mengatur penumpang yang turun dan naik tangga di peron 5 dan 6.

“Minimal PKD lebih aktif lagi atur penumpang turun dan naik. Rata-rata komplenan kan pada berantem antara yg turun dan yg naik.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *