Inilah Kereta Komuter Terpanjang di Dunia

KRL @CommuterLine seri 205 dengan formasi 12 kereta (6+6)
KRL @CommuterLine seri 205 dengan formasi 12 kereta (6+6)

Pernah gak sih ngerasa kalo kereta komuter kita itu sekarang panjang banget? 12 kereta, dengan panjang per keretanya 20 meter kalo dikali 12 udah 240 meter. Lumayan lah bikin betis jadi berotot kalo misalnya kita harus jalan ke depan dari kereta paling belakang, belum harus keluar lagi ke peron terus pindah ke rangkaian depannya karena KRL 12 kereta ini di tengah ada yang kehalang sama kabin masinis (andai ada yang full 12 kereta ga pake kehalang kabin masinis di tengah rangkaian…), setelah itu masih harus jalan lagi sampai ke kereta yang kita inginkan. Berasa juga ya? Tapi ternyata gak cuma di Indonesia doang koq yang kereta komuternya panjang kayak gini. Paling ngga, ada 3 negara lain yang juga mengoperasikan kereta-kereta komuter yang panjang. Wah negara apa tuh ya? Yuk langsung aja dibaca di bawah ini.

1. Amerika Serikat

Kereta komuter milik New Jersey Transit di Amerika Serikat (Wikipedia)
Kereta komuter milik New Jersey Transit di Amerika Serikat (Wikipedia)

Amerika Serikat memiliki 2 sistem kereta komuter. Ada heavy rail, ada juga sistem metro. Untuk sistem metro, biasanya keretanya sih gak panjang, antara 4-6 kereta per rangkaian. Tapi untuk sistem heavy rail, panjang rangkaiannya bisa mencapai 12 sampai 16 kereta dengan sistem push-pull, alias memakai lokomotif sebagai penarik atau pendorong rangkaian pada salah satu ujung rangkaian, serta sebuah kereta yang dinamakan cab car pada ujung lainnya. Daily ridership kereta komuter jenis ini memang hanya berkisar ratusan ribu orang per hari, tapi yang membuatnya panjang adalah karena tipe tempat duduk yang digunakan itu yang mirip kayak kereta ekonomi di sini, berhadap-hadapan, bukan menyamping.

2. India

Kereta komuter di India yang menggunakan lokomotif, sangat padat (Wikipedia)
Kereta komuter di India yang menggunakan lokomotif, sangat padat (Express.co.uk)

Negara yang sinetronnya paling disukai dan ditunggu-tunggu sama ibu-ibu ini memiliki kepadatan penduduk yang luar biasa. Di wilayah-wilayah tertentu seperti Chennai dan Mumbai, kereta komuter gak pernah sepi dari penumpang. Di India, seperti halnya di Amerika, juga ada 2 jenis kereta komuter, yaitu kereta komuter yang dihela lokomotif dan juga KRL. KRL di India, meskipun panjangnya mungkin hanya 8 kereta, tapi tetap terlihat sangat panjang karena memang keretanya yang berukuran besar, jauh lebih besar daripada kereta di Indonesia. Kalau yang pakai lokomotif, panjangnya hampir sama seperti yang di Amerika, namun dengan kepadatan yang lebih luar biasa, bahkan sampai ada yang bergelantungan di lokomotif atau naik ke atap!

3. Jepang

KRL seri E235 dengan formasi 11 kereta milik JR East (Wikipedia)
KRL seri E235 dengan formasi 11 kereta milik JR East (Wikipedia)

Siapa sih yang gak tau sama negeri bunga sakura ini? Kereta-kereta listrik yang dipakai di Indonesia, sekitar 95% merupakan bekas pakai dari berbagai perusahaan yang ada di Jepang. Di Jepang sendiri juga mengoperasikan kereta komuter dengan rangkaian yang cukup panjang, yaitu 11 kereta (220 meter). Rangkaian-rangkaian 11 kereta ini bisa ditemui di jalur Yamanote yang ada di kota Tokyo. Selain itu, di Jepang juga ada rangkaian KRL dengan tipe suburban yang berjalan dengan formasi 15 kereta.

Nah itu tadi 3 negara di luar Indonesia yang punya kereta komuter panjang yang bisa bikin betis berotot. Ternyata malah lebih panjang ya? Lumayan juga kalo buat olahraga…

MPSCLFJRN

One thought on “Inilah Kereta Komuter Terpanjang di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *