#JBTPolling : Pilkada Jakarta dan Integrasi Moda Transportasi Umum

Waktu pemilihan Gubernur Jakarta semakin dekat, beragam cerita dan berita mengenai pasangan calon yang berlaga di Pilkada di Jakarta juga semakin ramai dan banyak. Tapi sayangnya, belum ada cerita dari ketiga pasangan calon ini mengenai integrasi transportasi umum di Jakarta.

Transportasi umum yang bisa dikatakan cukup baik dan beroperasi di Jakarta setidaknya ada dua; yaitu @CommuterLine dan TransJakarta (plus MRT Jakarta kalau sudah jadi). Integrasi antar moda khususnya kereta komuter dan bis rapid mestinya juga menjadi fokus dari Pasangan Calon.

Integrasi belum benar – benar terjadi, meski sudah ada beberapa yang diupayakan. Seperti kartu pre pain yang dikeluarkan oleh beberapa bank bisa menjadi alat pembayaran untuk naik kereta komuter dan bis rapid. Tapi tak ada 1 tiket yang benar – benar bisa digunakan untuk berpindah moda.

Persoalan kenyamanan perpindahan moda juga belum cukup baik. Ada beberapa stasiun kereta komuter yang letaknya cukup berdekatan dengan halte bis rapid. Tapi tak ada stasiun yang benar – benar memudahkan penumpang untuk berpindah moda.

Buat kami, ini pekerjaan rumah besar yang mestinya jadi perhatian para pasangan calon. Karena itu kami membuat polling khusus soal integrasi antar moda transportasi umum di Jakarta. Silahkan lihat hasilnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *