Peraturan Multi Tafsir di @Commuterline

Tulisan ini sebenarnya berawal dari beberapa komentar yang muncul di artikel soal suplisi KMT. Saya masih cukup yakin kalau saya membaca dan menafsirkannya dengan benar. Saking penasarannya, saya sampai berburu @CommuterLine supaya saya bisa menampilkannya di artikel yang lain sambil mengajak yang lain juga berpikir mengenai menafsirkan aturan soal Suplisi.

aturan-multitafsir-commuterline1421677251732Dan dari hasil perburuan saya, saya menemukan dua aturan yang menurut saya bisa sangat multi tafsir

Pertama soal Suplisi 50 ribu rupiah. Di aturannya tertulis “Jika Saldo kurang dari RP. 7000 pada gate out

suplisi-commuterline-20150119_201639Saya sih menafsirkannya, berapapun jumlah saldo anda waktu tap di gate in, tapi begitu di tap di gate out dan saldo tersisanya kurang dari 7 ribu, maka denda suplisi diberlakukan.

Sederhananya, mungkinkah bisa tap di gate in kalau saldonya kurang dari 7 ribu? Karena ada tafsir yang lain seperti disini dan disini. Saya curiga, kalau yang bikin komentar adalah pegawai PT KCJ sendiri hihihihihi

Hal lain soal larangan makan dan minum.

makan-dan-minum-commuterline-20150119_210428Saya sempet ngobrol sama teman soal larangan ini. Larangan ini baru bisa berlaku dengan mensyaratkan kondisi yang kumulatif. Artinya kamu baru akan dilarang, kalau kamu makan dan minum. Tapi kamu kalau hanya makan atau minum saja, tidak akan dilarang.

Mestinya sih aturannya dituliskan sebagai “Dilarang makan dan/atau minum“

3 thoughts on “Peraturan Multi Tafsir di @Commuterline

  1. Pada kondisi apa, saldo kmt kurang dari 7rb bisa gate-in?

    Kalo gate out kurang dari 7rb bisa. Pake kartu yg dari bank, gate in saldo 11 rb, masuk beli kopi starbak 10 rb. Saldo pas mo gate-out tinggal srebu.

    Tp jelasnya gmna sih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *