Sudah Tertibkah Anda Menggunakan @CommuterLine ?

Sudah tertibkah anda menggunakan transportasi umum seperti Commuterline ? banyak tata cara tertib dalam menggunakan moda transportasi umum yang satu ini, Berikut beberapa pointnya.

1. Antri saat membeli tiket commuterline

Budayakan antri saat membeli tiket ataupun melakukan transaksi di area stasiun dan siapkan uang pas untuk mempermudah petugas loket serta meminimalisir terjadinya penumpukan antrian akibat terlalu lama pada proses transaksi tersebut.

bogor-barat-20140202-01015

2. Antri saat menggunakan mesin tap in/tap out

Selain di loket stasiun antri juga harus dilakukan saat melakukan proses tap in/tap out, jangan pernah anda menyerobot saat melakukan proses tap in/tap out kalo tidak mau jadi ocehan penumpang lainnya hehehe.

antri gate

3. Berdiri di luar garis kuning atau garis batas aman peron stasiun

Anda harus berdiri di luar garis kuning atau pas digaris kuning, garis ini adalah batas aman penumpang dengan kereta saat masuk stasiun, hal ini dimaksud untuk keamanan diri anda sendiri maupun orang lain.

IMG_7644

4. Dahulukan penumpang turun terlebih dahulu

Kenapa sih harus dahulukan penumpang turun terlebih dahulu ? secara logika orang yang mau naik suatu kendaraan umum lain pun harus mengutamakan yang akan turun terlebih dahulu, kalo yang naik gak mau ngalah sama yang turun gimana jadinya ? pikir ajadeh sendiri ya hahaha. Tata caranya anda harus berdiri di samping kanan/kiri pintu KRL yang akan terbuka, kasih ruang di tengah untuk akses keluar penumpang yang akan turun, coba deh terapin pasti bakal ngerasain kenyamanan dari pada harus adu tenaga + adu mata melotot hahahaha.

IMAG0147-1

5. Dilarang duduk di lantai KRL dan dilarang makan/minum di dalam KRL

Sudah masuk di dalam commuterline bukan berarti anda bisa seenaknya, ada beberapa peraturan di dallem KRL yang harus anda patuhi demi kenyamanan bersama. Seperti tidak boleh duduk di lantai KRL dengan kursi lipat atapun alas lainnya dan tidak boleh makan/ minum di dalam KRL.

img21082010597191

6. Utamakan Priority Seat

Di setiap ujung-ujung rangkaian commuterline sudah diberikan tanda atau tempat duduk khusus bagi penyandang disabilitas, ibu hamil, ibu membawa balita dan manula. So klo ada tanda priority seat dan anda bukan orang yang kategori seperti yang ane sebutin agar lebih bijak lagi dalam menyikapinya hehehe.

disabilitas

7. Dilarang ngegosip alias berbicara keras dengan teman di dalem KRL

BT gak sih lagi penuh sesaknya KRL trus dibelakang or di depan anda ada penumpang yang lagi ngobrol sama temennya sambil cekakak-cekikik ? jujur aja sih ane merasa terganggu, fine-fine ajasih anda mau ngobrol sama siapapun di KRL tapi anda juga harus hargai orang yang ada di sekeliiling anda dan juga liat situasi di dalam KRL tersebut biar semua dapat kenyamanan yang sama .. ya gak ?

20150127-krl

8. Jangan berdiri di depan pintu otomatis

Banyak di antara kita yang gemar berdiri di depan pintu, alasannya biar gak susah turunnya, enak deket fan dealer/kipas jadi adem dan beribu alasan lainnya. Berdiri di depan pintu KRL sangat mengganggu bagi orang yang akan turun dan naik KRL dan ini juga jadi salah satu faktor lamanya proses buka/tutup pintu kereta yang berdampak atas keterlambatan kereta. Solusinya sih berdiri di depan pintu yang jarang kebuka aja terus berdiri di tengah kereta atau turun dulu pas masuk setiap setasiun, tinggal pilih selera anda deh.

penumpang krl

9. Taro barang barang bawaan di Rak barang

Kalo anda bawa barang atau tas segede gaban jangan di taro di deket pintu ataupun di depan anda selain bikin ribet diri sendiri juga bikin akses gerak penumpang laen jadi sempit, rak barang sudah ada untuk bisa di gunakan jadi tarolah barang di tempat yang telah di sediakan.

foto-13

10. Dilarang duduk atau berdiri di sambungan KRL

Ini sama halnya seperti gak boleh duduk di lantai dan berdiri di depan pintu otomatis, duduk atau berdiri di sambungan KRL selain merusak pemandangan hal ini juga dapat membahayakan anda karena di antar sambungan kereta ada plat besi yang selalu bergerak jika anda tidak hati hati bisa saja anda terjepit di antara plat besi tersebut.

img00024-20101015-1734

11. Tertib saat akan turun Kereta

Dari awal di stasiun sampai di dalam Commuterline sudah memperhatikan beberapa tata tertib yang harus di jalani dan diperhatikan saat turun pun harus tertib, tidak perlu terburu-buru maupun tergesa-gesa tetap santai tapi tidak terlalu santai juga kayak dipantai hahaha. Kalo itu semua sudah dilakukan maka lakukan hal yang sama pula saat anda turun dan sampai stasiun tujuan, oke bro.

197936_620

Jadi apakah anda sudah tertib menggunakan Commuterline ? kalo sudah mohon di pertahankan dan ditingkatkan lagi dan jika anda merasa melanggar semua mohon untuk merubah sikap anda dalam menggunakan transportasi umum tersebut demi kenyamanan dan keamanan bersama,

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *