Ini Alasan Kenapa Kita Perlu Berwisata Naik @CommuterLine


Wisata keliling kota Jakarta dengan budget minim, bisa kok! Banyak yang bisa dinikmati di Jakarta dan kota – kota sekitarnya dengan budget minim. Kamu bisa kunjungi beragam tempat wisata unik di Jakarta sambil menikmati beragam situs dan museum bersejarah, pusat seni dan budaya, pertunjukan budaya, pertunjukan musik internasional, atau bahkan taman hiburan. Bila semua itu belum cukup, beragam menu kuliner yang sangat lezat serta kedai kopi juga tersedia di kota Jakarta.

Meski kemacetan lalu lintas yang seringkali menghantui warga Jakarta tampaknya tak akan reda dalam waktu dekat,  kota Jakarta menawarkan beragam alternatif moda transportasi yang dapat diandalkan. Saat ini, selain membangun TransJakarta Busway, pemerintah Jakarta juga mulai membangun Monorail dan Mass Rapid Transit (MRT). Namun dua moda transporatasi massal yang disebutkan terakhir masih dalam proses pembangunan sehingga belum dapat digunakan.

Lalu, Jakarta juga menyediakan layanan Kereta Rel Listrik (KRL) yang dikenal dengan sebutan Commuter Line. Saat ini, Commuter Line adalah pilihan praktis untuk keliling kota bila tidak ingin menghadapi kemacetan lalu lintas. Sistem jaringan Commuter Line meliputi hampir seluruh Jakarta dan kota – kota penyangganya, sehingga Commuter Line dapat membawa kamu dengan cepat ke Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi.

Terlepas dari kekurangannya, Commuter Line adalah moda transportasi massal yang paling dapat diandalkan di Jakarta saat ini. Dengan harga tiket mulai dari Rp2.000 untuk lima stasiun pertama dan Rp500 untuk setiap tambahan tiga stasiun sesudahnya, Commuter Line menjadi moda transportasi yang jauh lebih terjangkau bila dibandingkan dengan taksi. Selain itu, laju Commuter Line lebih cepat dan dapat diandalkan dibandingkan dengan bus TransJakarta, mengingat kemacetan parah sering terjadi di Jakarta dan kota – kota sekitarnya.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Mei 2013 menunjukan kecepatan rata – rata kendaraan di jalanan kota Jakarta hanya 10 km/jam. Bahkan Pemerintah Jakarta memprediksi pada 2014 akan terjadi kemacetan total di seluruh penjuru Jakarta.

Didukung sarana dan jaringan transportasi yang sedemikian meluas, Jakarta berpotensi besar berkembang sebagai surganya backpacker di Indonesia. Ketimbang kota – kota lain di Indonesia, Jakarta menawarkan beragam hal, mulai dari produk mainan – mainan murah hingga kelezatan kuliner beragam menu yang berasal dari kota-kota lainnya.

Cukup banyak tempat wisata di Jakarta dan sekitarnya yang cukup dekat dengan stasiun Commuter Line. Cukup dekat berarti bisa ditempuh dalam waktu 30 menit jalan kaki dari stasiun Commuter Line terdekat.

Tapi kenapa dibatasi hanya 30 menit berjalan kaki? Sebenarnya tidak ada alasan khusus selain karena berjalan kaki tidak menghabiskan biaya, walau menjadikan kamu jadi perlu extra hati –hati untuk menghindari lalu lintas kendaraan. Dengan pembatasan waktu tempuh 30 menit berjalan kaki, kalaupun perjalanan tersebut dilakukan menggunakan moda transportasi umum seperti taksi atau ojek, biaya yang diperlukan kemungkinan kurang dari Rp. 20.000. Begitu juga jika perjalanan ditempuh menggunakan moda transportasi umum lainnya seperti bus dan mikrolet, mungkin kamu hanya perlu 1 kali naik.

Nah tunggu apa lagi? Jalan – jalan keliling Jakarta naik Commuter Line yuk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s