Ketahui 11 Hal Penting dalam Berwisata dengan @CommuterLine


Kalau kamu mau berwisata naik Commuter Line ada baiknya menyimak beberapa hal yang patut kamu ketahui. Setidaknya ada 11 hal penting yang patut diketahui sebagai informasi umum jika kamu mau menggunakan Commuter Line sebagai sarana wisata untuk berkeliling Jakarta dan sekitarnya.

  1. Saat ini, PT KCJ sebagai operator Commuter Line, telah menyediakan dua gerbong khusus perempuan yang berada di ujung rangkaian Commuter Line. Tanda gerbong khusus perempuan cukup mencolok dengan dengan warna pink di seluruh gerbongnya.
  2. Pada umumnya Stasiun Commuter Line tidak begitu ramah terhadap kelompok difabel, lansia, dan anak – anak yang memerlukan kereta bayi.
  3. Perlu diketahui, penggunaan toilet umum di stasiun – stasiun KRL adalah gratis, namun sayangnya tidak semua toilet umum di stasiun – stasiun Commuter Line memiliki standar kebersihan yang sama.
  4. Lalu, berhati – hatilah ketika ketika berjalan menuju stasiun Commuter Line, tidak semua stasiun Commuter Line memiliki zebra cross dan jembatan penyeberangan
  5. Selain itu, kamu juga perlu berhati – hati jika melintasi rel di dalam stasiun ketika hendak berjalan menuju ke peron, terutama bila stasiun hanya memiliki 1 lantai.
  6. Sebaiknya selalu sediakan uang pas, karena layanan kartu debit ataupun kartu kredit  tidak tersedia untuk membeli tiket Commuter Line. Bahkan pembelian tiket Commuter Line di stasiun juga tidak dapat dilakukan menggunakan pre paid electronic card.
  7. Pengecekan tiket kadang kala dilakukan petugas Commuter Line di dalam gerbong. Kalau kamu kedapatan tidak memiliki tiket kamu akan dikenai denda sebesar Rp. 50.000
  8. Perhatikan barang bawaan kamu, dan waspadai para pencopet yang berkeliaran di stasiun, terutama di jam sibuk.
  9. Hindari berjalan – jalan naik Commuter Line pada jam sibuk, terutama pada pukul 6 – 9 (dari luar Jakarta menuju Jakarta) dan pukul 16 – 19 (dari Jakarta menuju luar Jakarta). Pada waktu-waktu tersebut,  cukup sulit untuk dapat masuk dan keluar dari gerbong Commuter Line.
  10. Sebagai informasi, tidak semua rangkaian Commuter Line dilengkapi sarana informasi audio untuk mengingatkan dimana kamu saat ini berada. Informasi visual umumnya tersedia dalam bentuk gambar peta rute Commuter Line yang terletak di atas pintu – pintu gerbong Commuter Line. Peta rute Commuter Line ini dapat kamu gunakan untuk menghitung berapa stasiun Commuter Line yang akan dilewati dalam perjalanan menuju ke stasiun Commuter Line tujuan.
  11. Meski umumnya rangkaian Commuter Line berjumlah 8 gerbong namun sesekali kamu akan menjumpai Commuter Line yang berangkaian 6 gerbong atau 10 gerbong. Biasanya, rangkaian Commuter Line 6 gerbong melayani rute Loop Line (Manggarai – Sudirman – Tanah abang – Jakarta Kota). Saat ini rangkaian Commuter Line 10 gerbong melayani Rute Red Line (Bogor/Depok – Jakarta Kota)
Advertisements

One Comment Add yours

  1. arie says:

    Lha di sini masih pake ‘gerbong’, bukan ‘kereta’ 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s