Cerita tentang Sebuah Pintu


Apa sih hebatnya sebuah pintu? Demikian pertanyaan dari teman saya pada saat saya bercerita tentang “pintu ajaib” yang sempat saya temui. Tapi pertanyaan tersebut sangat benar, karena sebenarnya sebuah  pintu nggak ada yang istimewa dan paling – paling ya hiasan yang terdapat di pintu yang membuat suatu pintu terasa bisa sangat wah dan menawan.

Tapi pintu yang saya temui ini lain daripada yang lain. Ini sebuah pintu yang sangat kuno dan menggunakan sistem kunci yang berlainan dari sistem kunci yang lazim ditemui pada saat ini. Tapi buat kita – kita yang nggak mengenal sistem kunci yang dahulu sempat ada, jelas akan kesulitan untuk membukanya.

Pintu-Kayu-Museum-Benteng

Pintu yang sedang saya ceritakan ini bisa ditemui kalau kita berkunjung ke Museum Benteng Heritage. Di Museum ini, di lantai duanya ada pintu kuno yang bila pintunya dikunci dari dalam tidak mudah membukanya kembali dari dalam. Kuncinya cuma menggunakan slot balok kayu yang besar dan sekali sudah masuk, pintu tersebut akan terkunci dengan sempurna.

Lalu gimana cara membukanya? Itu pertanyaan dari teman saya saat saya menunjukkan pintu tersebut. Saya tersenyum sambil menjelaskan bahwa pintu kuno ini sudah menggunakan teknologi yang saat ini dikenal dengan “touchscreen technology”.

Perhatikan gambar dibawah ini, slot kayunya ada di dua tempat, dibagian atas dan dibagian bawah. Untuk yang bawah tinggal geser saja. Tapi untuk slot kayu yang bagian atas akan sulit membukanya jika tidak tahu kuncinya. Kuncinya tersembunyi di lubang atas slot kayu di bagian bawah. Raba saja, nanti tinggal tekan dan terbuka hehehehehe

Kunci-Pintu-Kayu-Museum-Benteng

Berminat mencobanya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s