Kisah Tak Sampai: Perjalanan Menemukan Menara Legendaris di Jakarta


Kali ini akan ada artikel berseri yang bercerita mengenai perjalanan saya mencari sebuah menara yang legendaris di Jakarta. Menara yang mungkin entah kenapa dilupakan oleh sebagian penduduk kota, padahal menara ini pernah menjadi bagian dari kejayaan Jakarta.

Menurut vivanews, ada dua versi mengenai asal muasal nama Kemayoran. Versi pertama karena ada asrama Tentara Belanda yang dibangun di kawasan ini dan kebetulan penghuninya adalah para mayor. Dan nama kawasan ini berubah menjadi Kemayoran. Sementara versi kedua justru mungkin lebih sahih karena tercantum dalam Plakaatboek (Van der Chijs XIV:536) dan sebuah iklan pada Java Government Gazette 24 Februari 1816.

Entahlah, saya tidak ingin berdebat versi mana yang lebih sahih mengenai nama Kemayoran. Tapi yang jelas, di kawasan ini pernah ada Bandara Internasional pertama yang di Indonesia. Bandara ini dibangun pada 1934 dan dibuka secara resmi pada 8 Juli 1940.

Kejayaan Bandara Kemayoran mungkin mulai redup, sejak pemerintah memindahkan jalur penerbangan internasional ke Bandara Halim Perdana Kusumah pada 1975. Bandara dengan kode KMO ini akhirnya mulai berhenti beroperasi pada 1 Januari 1983 dan benar – benar resmi berhenti beroperasi 1 Juni 1984 sejak beroperasinya Bandara Soekarno Hatta.

Kisah-Tak-Sampai

Ikuti kisah perjalanan saya untuk mencari Menara Bandara Kemayoran yang legendaris dan mulai terlupakan dengan judul yang hampir mirip “Kisah Tak Sampai”. Kenapa menggunakan judul “Kisah Tak Sampai”? Nggak ada alasan khusus sebenarnya namun karena pada dasarnya saya tak pernah benar – benar sampai ke Menara tersebut.

  1. Kisah Tak Sampai: Berawal dari Penerbangan 714
  2. Kisah Tak Sampai: Menelusuri Jejak Menara Bandara Kemayoran
  3. Kisah Tak Sampai: Dari Rencana Museum sampai Petisi Penyelamatan
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s