Piknik ke Bogor


Ini cerita saat liburan akhir tahun 2014. Tidak ada rencana khusus membuat kami memutar otak bagaimana caranya agar tetap bisa mengisi liburan dengan menyenangkan.

Dari malam sebelumnya, kami sudah merencanakan besoknya mau ke Bogor pagi-pagi, mau jajan-jajan lucu. Lumayan kan tuh, perjalanan jauh naik commuterline, anak senang, ibu bahagia (karena murah meriah hahaha…).

Apa daya, kami semua bangun siang. Haha! Jadilah ragu-ragu, pergi gak yah? Apa ganti rencana saja? Akhirnya diputuskan, ya sudah, pergi saja. Masalah tujuan kemana itu urusan belakangan.

Sebenarnya saya punya keinginan terpendam, pengen ke Tangerang gara-gara baca postingan tentang #turkrl di web ini. Ditambah lagi satu waktu Kompas pernah membahas wisata kuliner di Pasar Lama, Tangerang. Cocok banget ini… Tapi karena sudah terlampau siang dan belum paham medan, di tengah-tengah perjalanan diputuskan, ke Bogor saja. Lain waktu saja kita piknik ke Tangerang

Perjalanan menuju Bogor yang dimulai dari stasiun Rawabuntu memakan waktu lebih dari 2 (dua) jam, dikarenakan waktu transit di Stasiun Tanah Abang. Untunglah commuterline-nya tidak terlalu penuh dan kami semua bisa duduk dan tidur hahaha…

Sampai di Bogor, saya cukup takjub dengan perubahannya, Stasiun Bogor kok kece banget! Wuihhh.. Saya terkagum-kagum sendiri. Sayang toiletnya masih terlihat darurat dan penuh sekali.

stasiun-bogorKami memutuskan makan siang di Jl. Suryakencana, di mana sepanjang jalan berjajar tempat makan. Dari Stasiun Bogor, naik angkot no. 02. Setelah melewati Kebun Raya, sampailah kami di Toge Goreng Pak Raisan. Posisinya ada di sisi kiri Jl. Suryakencana, pikulan, pasti terlihat karena selalu ramai pengunjung. Rasanya segar dan luar biasa enak. Anak saya, makan bakso yang juga mangkal di samping penjual toge goreng ini. Nah, baksonya juga gak kalah enak, gurih dan segar. Bukan seperti bakso pada umumnya, selain menyediakan bihun dan mie, bakso ini juga menyediakan kwetiau serta ada banyak pilihan bakso, mulai dari bakso telur, urat, polos, sampai bakso gepeng. Saya saja habis makan toge goreng nambah bakso :p

toge-goreng-pak-raisan Saran saya, kalau ke Bogor wajib sekali untuk ke Jl. Suryakencana ini, jajaran tempat makan mulai dari makanan cina sampai dengan surabi duren.

Selesai makan siang, rasanya masih belum kenyang hahahaha.. Kami berjalan ke arah Kebun Raya lalu menemukan tukang lumpia basah. Wahhh.. Penasaran, seperti apa lumpia basah khas Bogor. Ternyata, untuk isiannya dibuat sangat personal, tiap porsi dibuat sendiri-sendiri, dan lumpianya kotak! Berbentuk seperti amplop, bukan gulungan risol seperti biasa. Whaaa besar sekali, untung hanya pesan satu. Lumayan buat dimakan sambil jalan.

Sebenernya kami tak berencana ke Kebun Raya, karena sudah hampir sore dan cuaca mendung diiringi gerimis. Saya hanya mau masuk ke Museum Zoology.

museum-zoologyBolak-balik mencari pintu masuknya ga ketemu, baru tau kalau sekarang harus masuk melalui Kebun Raya. Ya sudahlah sekalian main-main di Kebun Raya. Tiket masuk saat ini Rp. 14.000/orang, dan anak kecil di bawah usia 3 tahun masih gratis 😀 Tentang Kebun Raya Bogor sendiri tidak usah saya ceritakan, bisa dibaca disini  😀

kebun-raya-1 kebun-raya-2Kondisi Kebun Raya saat itu ramai, tapi karena lokasinya luas, masih terasa nyaman untuk dinikmati. Anak kecil puas lari-lari dan bermain (tapi ternyata tidak terlalu menikmati Museum Zoology hahaha..). Cukup lama kami berada di dalam Kebun Raya Bogor dan ketika hendak pulang, kami sempat tersasar di dalam area yang cukup sepi. Sudah terbayang yang tidak-tidak macam kalau terkunci di dalam bagaimana ini hahaha.. Untung saja tak lama kami kembali menemukan rombongan lain.

Sudah lebih dari pukul 17.00 saat kami keluar dari Kebun Raya dan naik angkot kembali ke Stasiun Bogor. Sengaja turun di Taman Topi yang letaknya persis di samping stasiun karena penasaran. Saya baru tahu kalau ada Taman Ade Irma Suryani di dalamnya. Isinya permainan anak-anak. Sayang sekali sudah mau tutup. Harga tiket masuknya Rp. 9.000 saja, dan setiap permainan nanti beli tiket lagi di dalam. Lain waktu sepertinya akan kembali untuk berkunjung ke sini 😀

Sekian petualangan liburan kami. Ternyata pergi tanpa direncanakan dari awal itu seru juga yah! Berikutnya yang ada di agenda adalah piknik ke Tangerang,

Advertisements

3 Comments Add yours

  1. arni says:

    Berangkat siang tapi bisa nemu makanan banyak ya. Dulu aku cuma mampir ke chinese restaurant aja hihi. Nice article.

    Like

  2. yustine says:

    Thank you, Arni. Yuk kapan2 ke Bogor bareng 🙂

    Like

  3. Regina says:

    kirain mampir ke daerah taman kencana juga 😀 heheh

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s