Mengunjungi Perpustakaan Ramah Anak Milik Pemerintah Jakarta


Setelah sempat wara-wiri di media sosial, akhirnya saya berkesempatan berkunjung ke Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. Saya begitu penasaran melihat foto-foto yang ditampilkan mengenai perpustakaan ini, dan jujur setengah tidak percaya bahwa Jakarta punya tempat yang sangat layak anak.

Perpustakaan-Daerah-Jakarta-TIM

Hari itu, saya memutuskan cuti dari kantor dan mengajak anak saya kencan berdua saja ke Perpusda DKI Jakarta ini. Seperti biasa, saya menggunakan commuterline menuju lokasi yang kebetulan dekat sekali dengan Stasiun Cikini, kira -kira memerlukan 13 menit jalan kaki. Lokasi Perpusda DKI Jakarta ini terletak di Jl. Cikini Raya No. 73 kompleks Taman Ismail Marzuki, lebih tepatnya di samping Planetarium.

perpustakan-daerah-jakarta-tim

Sampai di lokasi sekitar pukul 10.00, dan sudah ramai. Rupanya banyak yang senang akan keberadaan fasilitas ini. Pertama masuk, di lantai dasar, disambut dengan display lukisan/gambar hasil karya anak-anak serta bagian administrasi. Tas harus dititipkan di loker, cara meminjam kunci loker adalah dengan menggunakan KTP, dan kita akan diberikan tas transparan untuk menyimpan barang-barang yang ingin dibawa ke perpustakaan.

perpustakaan-daerah-jakarta-tim-P_20150723_114524

Karena memang tujuannya ingin menyenangkan anak, jadilah langsung menuju ke lantai dua, lokasi perpustakaan anak. Wah, saya sama riangnya dengan anak saya langsung berbinar-binar melihat fasilitas yang disediakan. Di lantai 2 ini terbagi atas 3 area. Area pertama berupa lokasi membaca, yang terdiri dari rak-rak buku anak dengan koleksi yang cukup banyak dan dilengkapi dengan karpet dan meja pendek sehingga anak-anak dapat santai membaca. Rak-rak buku warna-warni yang dapat dengan mudah dijangkau anak-anak dalam memilih buku. Terdapat juga area baca terpisah yang terdiri dari meja dan kursi kecil untuk anak-anak.

perpustakaan-daerah-jakarta-tim-P_20150723_121935

Area kedua, berisi mainan-mainan yang lebih ke arah motorik halus dan permainan edukatif seperti mainan kayu, papan magnet berhitung dan alfabet. Anak-anak bebas bermain menggunakan mainan yang disediakan oleh pihak pengelola.

Area ketiga ini merupakan area yang paling luas, mirip area bermain di Mall, bedanya yang ini gratis hahaha… Fasilitas yang disediakan antara lain tempat bermain, flying fox mini, ayunan, puzzle, kolam bola, mobil listrik, sepeda kecil, sampai dengan otopet! Lantainya dilapisi karpet dengan gambar peta Indonesia yang dilapisi busa, jadi anak-anak dapat meniti di atasnya. Area ketiga ini hanya boleh digunakan sampai dengan batas umur maksimum 5 tahun, dan dibatasi sekat kaca. Hanya saja, sayang sekali area ketiga ini tidak dilengkapi AC seperti area-area yang lain, jadi yaaa, cukup gerah. Tapi anak-anak tetap menikmati jadi ya, tidak masalah.

perpustakaan-daerah-jakarta-tim-P_20150723_142729

Cukup lama saya berada di lantai dua, sampai dengan sekitar pukul 16.00, saya memutuskan ke lantai satu, ke perpustakaan umum. Wah, cukup lumayan juga koleksi bukunya. Sebagai penggemar fiksi, saya langsung menuju rak fiksi. Wuihhhh.. Kayanya saya bisa menghabiskan seharian di sini sendiri, buku-bukunya lumayan banget. Selain disediakan meja dan kursi buat baca, juga disediakan karpet di sudut-sudut ruangan, apabila ingin membaca buku dengan santai seperti yang saya lakukan, sambil tiduran hehehe…

Saya sempat melihat ada jajaran meja komputer, tapi tidak sempat mencoba apakah dilengkapi dengan fasilitas internet gratis. Tapi saat saya mencoba beberapa stop kontak yang ada di meja untuk mengisi baterai handphone saya, stok kontaknya tidak teraliri listrik. Hmmm…

Sebagai tambahan informasi, bagi pemilik KTP DKI Jakarta, dapat melakukan peminjaman buku secara gratis di perpustakaan ini. Tapi siapapun boleh kok berkunjung ke perpustakaan ini, dan semua faslitas ini dapat dinikmati secara gratis walaupun kita bukan member perpustakaan. Saran saya, kalau berkunjung bersama anak, waktunya dicocokkan dengan jam pertunjukan Planetarium, jadi bisa sekalian 🙂

Saat saya berkunjung ke sana, sekitar akhir Juli, perpustakaan ini masih beroperasi sampai jam 17.00 di hari kerja dan tutup pada akhir pekan. Tapi kabar gembira, info terakhir yang saya dapatkan, saat ini Perpusda DKI Jakarta ini buka di hari kerja, Senin-Jumat pukul 09.00-20.00, serta di Sabtu-Minggu pukul 09.00-18.00 (Hari libur nasional/cuti bersama tutup).  Jangan lupa untuk follow facebook atau akun instagram dari perpustakaan ini, karena terkadang ada info-info tentang acara yang sering diselenggarakan di akhir pekan, seperti mendongeng bersama. Asyik yaaaa! Alternatif liburan atau menghabiskan akhir pekan bersama keluarga yang menyenangkan!

Info lebih lanjut bisa follow:

Facebook: Jaklib Cikini

Instagram: Jaklib_Cikini

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Udah baca soal perpustakaan anak ini, tapi belum sempet ke sana. Kayaknya harus disempetin ngecek nih. Lumayan buat bawa keponakan main..

    Like

  2. adi pradana says:

    Anak2 jadi bisa bermain dan belajar nih.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s