Perluasan Integrasi @CommuterLine dan PT_TransJakarta Mulai Terjadi


Wacana integrasi antar moda antara KRL dan TransJakarta sebenarnya sudah berlangsung lama. Integrasi ini diyakini akan memudahkan penumpang KRL atau TransJakarta untuk berpindah moda. Awal integrasi dimulai dari penggunaan tiket elektronik yang dikeluarkan oleh beberapa Bank bisa digunakan di KRL dan TransJakarta. Langkah ini juga diikuti dengan upaya integrasi antara stasiun KRL dan halte TransJakarta.

Sebelum rencana integrasi ini muncul, sebenarnya sudah ada beberapa stasiun yang lokasinya berdekatan dengan Halte TransJakarta seperti Stasiun Jakarta Kota, Cawang, Manggarai, Juanda, Stasiun Jatinegara, dan Stasiun Sudirman.

Upaya integrasi ini rupanya terus berlanjut. Seperti yang dikutip dari Kompas, PT Transportasi Jakarta sendiri telah berupaya untuk menjangkau penumpang KRL di Jakarta. Integrasi yang pertama dilakukan adalah integrasi antara stasiun Tebet dengan Bus Pengumpan TransJakarta dengan dua rute yaitu:

Stasiun Tebet – Karet

//platform.twitter.com/widgets.jsStasiun Tebet – Kampung Melayu

//platform.twitter.com/widgets.js

Pada kesempatan yang terpisah, Direktur PT KCJ, Muhammad Nur Fadhila, juga menyampaikan bahwa akan ada feeder bus Transjakarta yang beroperasi di Stasiun Duren Kalibata dan Stasiun Palmerah. Ia sendiri berharap Keberadaan feeder Transjakarta yang berhenti di dekat area stasiun ini menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat dan penumpang KRL.

Stasiun Palmerah memang telah direncanakan untuk dilayani Bus Pengumpan. Namun realisasinya belum cukup jelas, sampai pada pagi ini salah seorang penumpang KRL @erni_indriani mengabarkan bahwa ia melihat  ada bus TransJakarta (bukan bus feeder seperti rencana semula) yang melintas di Stasiun Palmerah. Berdasarkan konfirmasi, ini adalah rute baru yang melayani rute Stasiun.Palmerah-Sudirman melewati Lap.Tembak-Jl.Gerbang Pemuda-Jl.Gatot Subroto (Halte Senayan JCC)-Jl.Sudirman-Karet-Tosari ICBC

//platform.twitter.com/widgets.js
IMG-20160414-WA000IMG-20160414-WA004

Dalam perbincangan dengan kami, tidak terlihat Halte TransJakarta. Ia naik bis dari sisi Jl. Pejompongan yang dekat dengan Gedung DPR. Ia sendiri merasa senang dengan layanan baru ini “bantu benget…lumayan dong ngirit…biasanya naxi…” ujarnya. Ia sendiri mengaku jika tidak bekerja Ia akan mencoba rute baru ini sampai ke halte terakhir.

Advertisements

One Comment Add yours

  1. Engkoy Amr. says:

    Saya termasuk yang sangat terbantu dengan adanya feeder transjakarta dari stasiun Tebet. Setiap hari kerja naik Commuter Line dari Cibinong – Tebet. Sejak tanggal 4 April naik feeder transjakarta dan turun di halte Kemenkes. Terima kasih relatif lebih cepat dan nyaman sampai temp at kerja di kompleks Patra Kuningan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s