Ini Bedanya Peron Stasiun @CommuterLine dan Peron Stasiun @MyRapidKL


Kalau kemarin sempat mengulas soal vending machine, kali ini saya akan mengulas soal peronnya. Peron atau platform adalah tempat penumpang untuk menunggu kereta di stasiun.

PT KCJ dalam beberapa kesempatan selalu mengumumkan bahwa stasiun – stasiun baru sudah ramah terhadap para penumpang disabilitas, tapi benarkah? Yang saya tahu ramah penumpang disabilitas itu artinya tersedia kursi roda untuk membawa para penumpang disabilitas atau para lansia. Problemnya apakah seluruh penumpang disabilitas membutuhkan kursi roda?

Bagaimana jika penumpang tersebut disabilitas pada penglihatan atau pendengaran? Untuk yang pendengaran di beberapa stasiun sudah terpampang Passenger information display. Tapi ya hanya di beberapa stasiun saja terutama stasiun – stasiun besar. Untuk disabilitas penglihatan, ini menjadi PR besar bagi PT KCJ

Menariknya di peron stasiun yang dikelola oleh @MyRapidKL soal disabilitas penglihatan cukup mendapat perhatian. Setidaknya di peronnya ada penanda khusus untuk mereka. Menarikkan?

disabilitas_penglihatan_IMG_20160715_211811

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s