Mengatur Arus Penumpang di Stasiun

Saya salah satu yang apresiasi, ketika stasiun Tanah Abang berbenah. Ada JPO baru yang menghubungkan antara Peron 5 dan 6 dengan Peron 2 dan 3. Namun masalahnya lagi – lagi adalah bagaimana mengatur arus penumpang, baik arus masuk dan keluar ataupun arus perpindahan penumpang untuk antar peron Silahkan diamati bagaimana rumitnya arus penumpang terutama di…

Masinis (Makan) Gadungan

Dalam seminggu ini, di Stasiun Pasar Senen dan Manggarai, tertangkap dua orang berseragam dan beratribut masinis yang ternyata masinis gadungan. Menurut berbagai laporan, keduanya memakai seragam masinis untuk melakukan tipu daya. Salah satunya penipuan terhadap seorang wanita hingga mengalami kerugian lebih dari empat juta rupiah. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Gadungan artinya palsu; bukan…

Inilah Kereta Komuter Terpanjang di Dunia

Pernah gak sih ngerasa kalo kereta komuter kita itu sekarang panjang banget? 12 kereta, dengan panjang per keretanya 20 meter kalo dikali 12 udah 240 meter. Lumayan lah bikin betis jadi berotot kalo misalnya kita harus jalan ke depan dari kereta paling belakang, belum harus keluar lagi ke peron terus pindah ke rangkaian depannya karena KRL…

Gantungan Kunci Motif KRL @CommuterLine Ini Cocok Buat Kamu

Bagi kamu kamu yang belum atau kehabisan dan mungkin mau mengkoleksi lebih banyak lagi accesories yang berhubungan dengan KRL atau KA, kini hadir gantungan kunci karet dengan berbagai motif (KRL JR 205, Lokomotif CC 205, CC 206 serta CC 203 ) Harganya nggak mahal dan terjangkau buat kamu. Cukup keluarkan uang sebesar Rp 15.000/pcs. Diskon…

Kereta Tematik : Natal

Namanya juga kereta tematik, tidak semua rangkaian KRL dipasangi dengan gambar – gambar sesuai tema. Seingat saya sudah beberapa kali PT KCJ membuat kereta tematik, dulu ada minions, ulang tahun Jakarta, Natal juga, dan mungkin ada beberapa lagi yang saya nggak nemu hehehehe. Mungkin nasib saya saja yang seringkali lagi baik. Waktu ke Bogor kemarin,…

Petugas Stasiun Melek IT Membawa Berkah

Pagi ini (11/11) novelis Aguk Irawan menuturkan sekelumit kisah di status akun facebook-nya. Pagi hari ia sudah berada di Stasiun Tugu, Yogyakarta. Tujuannya hendak ke Malang, mengisi sarasehan di UIN. Karena terburu-buru, ia lupa membawa dompet. Padahal KTP, SIM atau tanda pengenal lain ada di dalam dompet itu. Tentu saja oleh petugas ia tidak diizinkan…

Yang Ketiga

Ternyata kemarin itu ulang tahun dari situs jakartabytrain.com yang ketiga. Maklumlah, kadang saya nggak terlalu merhatiin tanggal – tanggal keramat yang penting hehehehe. Tapi ya nggak nyangka saja kalau ternyata perjalanan situs/blog yang dikelola secara sederhana ini ternyata sudah cukup lama Berawal dari ide sederhana saat jalan – jalan ke Kota Tua, saya cuma pengen…

Dongeng Ular Besi dan Sepeda Motor

Syahdan menurut sangngibul hikayat, suatu ketika sepeda motor berhenti sejenak di dekat rel kereta. Tiba-tiba ular besi melaju dengan gagahnya sambil tertawa dan membunyikan terompetnya keras-keras. Sepeda motor terkejut dan hampir jatuh. “Jangan sombong kamu ular besi. Kalau berani ayo adu balap denganku,” tantang sepeda motor. Mendengar tantangan itu, ular besi langsung menghentikan lajunya. “Beraninya…

Di PHP-in @CommuterLine

Apa kamu pernah ngalamin kejadian sudah lari – lari untuk mengejar KRL yang lagi berhenti, eh pas sampai di depan pintu tiba – tiba pintu menutup dan kereta berangkat? Saya sih pernah, terutama kalau lagi transit di Stasiun Tanah Abang. Sebel? Banget, itu sih nggak usah ditanya. Yang jelas, sakitnya tuh disini (sambil nunjuk hati)…

Puisi Kereta

“Itu kereta ya Ma?” tanya anak kecil pada Mamanya “Iya Nak, itu Kereta” “Oh, telus siapa supilnya” “Masinis sayang namanya” “Oh masinis, belalti masinis itu mantan Mamah ya?” Sang Mamah terperanjat

Tujuh Tips Sukses Move On Dari Kendaraan Pribadi

Kampanye untuk beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum sering digalakan akhir-akhir ini. Sejak berbagai moda transportasi masal bebenah, orang-orang seperti baru dibangunkan dari hipnotis mulai meninggalkan kendaraan pribadi. Tapi, tidak semua orang mau meninggalkan kendaraan pribadi begitu saja. Banyak yang enggan beralih ke transportasi masal dengan berbagai alasan, yang sudah move on pun ternyata…

Kereta vs Gerbong

“Kamu ada di gerbong berapa?” “Oh saya ada di gerbong 5 dari arah depan” Ilustrasi di atas adalah percakapan sekaligus kesalahan yang sering terjadi sehari-hari. Ketika ingin bertemu dengan seseorang atau bepergian dengan kereta, maka secara otomatis kata-kata yang terlontar adalah “gerbong berapa?” Tetapi, tahukah anda bahwa penggunaan kata “gerbong” dalam berkereta adalah sebuah kesalahan…